11 Juni 2012

Celengan Babi

Tulisan saya kali ini bukan membahas suatu program hyip, hanya sekedar menunggu waktu menonton jagoan saya main di Euro 2012. Go.... England.....Go !!!!

Saya menulis artikel ini  dilatarbelakangi  rasa penasaran saya karena di dalam suatu program  hyip sering sekali saya menemukan gambar berupa celengan yang berbentuk babi.Saya jadi teringat masa kecil dulu yang mempunyai celengan yang bentuknya ayam dan sering bertelor uang ketika saya butuh uang. Terang saja karena celengannya sudah dibolongi di bagian bawah Hahahaha............


Kenapa kok bentuk celengan yang saya lihat di program hyip selalu babi ??? kenapa bukan ayam, kodok atau kucing ? Saya jadi bertanya tanya dan ahirnya saya temukan jawabannya dari mbah google. Dasar saya saja yang ndeso ternyata bahasa Inggrisnya celengan itu piggybank yang berasal dari kata pig (babi) dan bank. Oalah......pantas saja.

Ternyata untuk di Indonesia sendiri celengan berasal dari kata celeng yang berarti babi liar. Jadi dahulu kala celengan di Indonesia juga berbentuk babi. Hal ini dibuktikan dari celengan berbentuk babi yang ditemukan dari peninggalan zaman Majapahit. Dikarenakan mayoritas masyarakat Indonesia yang mengharamkan binatang ini menyebabkan terjadinya perubahan bentuk dari celengan, walaupun namanya masih tetap.
Tapi apa hubungan antara budaya menabung dengan babi hingga memunculkan bentuk babi sebagai bentuk celengan? Di dalam filosofinya babi adalah makhluk yang suka berkubang di lumpur, suka menggali-gali tanah dan selalu mengendus-endus tanah. Masyarakat dahulu menilai babi sebagai hewan rendah diri yang selalu menghadap ke tanah. Hal ini mengidentikan babi dengan tanah.

Tanah merupakan lambang kesejahteraan. Kemudian kepercayaan masyarakat dahulu yang masih menganut aliran animisme dimana masih mempercayai setiap benda memiliki roh, membuat wujud babi dari tanah liat yaitu celengan. Mereka menyimpan koin dalam celengan untuk persembahan terhadap roh tanah atau dewa tanah, kemudian memecahnya ketika panen gagal. Mereka beranggaan bahwa roh tanah akan menyelamatkan gagal panen yang dialami melalui persembahan yang telah mereka persembahkan sebelumnya. Jadi semenjak dahulu fungsi dari celengan tetap sama yaitu buat simpanan/tabungan di masa depan bila terjadi kondisi di luar dugaan.

Waspada babi babi admin hyip banyak berkeliaran, jangan sampai "ngepet" uang anda :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar